Conterium Blog

Informasi dan Berita

3 Tanda Ada Air dalam Tangki Bensin Mobil, Apa Saja?

Conterium – Membeli mobil bekas memang menjadi pilihan untuk masyarakat, khususnya yang memiliki budget terbatas. Apalagi saat ini banyak tawaran promo mobil bekas terbaru yang semakin menggiurkan. Namun, mengingat tidak semua mobil bekas memiliki kualitas yang terjaga, ada baiknya Anda berhati-hati saat memilihnya.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah apakah kondisi tangki bahan bakar  mengalami kebocoran atau tidak. Karena jika tangki bocor, tentu ada risiko air masuk ke dalamnya. Berikut ini adalah 4 gejala utama adanya air yang merembes masuk ke dalam tangki bahan bakar.

promo mobil bekas terbaru

1. Tangki berkarat.

Gejala ada air di dalam tangki bensin mobil yang bisa Anda ketahui dengan mudah adalah mengecek apakah ada karat di dalamnya. Karena massa jenis air yang lebih besar dibandingkan bahan bakar, air yang sudah merembes masuk akan mengendap di bagian dasar tangki. Akibatnya, tangki yang terbuat dari logam tentu akan jadi berkarat. Lebih parahnya lagi, karat tersebut bisa rontok dan bahkan terbawa masuk ke mesin, yang tentu bisa sebabkan masalah lebih serius.

2. Penurunan performa mesin kendaraan.

Adanya kandungan air di dalam tangki bahan bakar juga bisa mengurangi tingkat efisiensi proses pembakaran di dalamnya, lho! Dampaknya, akselerasi mesin akan menurun, dan penggunaan bahan bakar jadi meningkat sehingga mobil jadi boros bensin. Dalam kasus yang lebih parah di mana kadar air sudah terlalu tinggi, mesin bahkan bisa sering mati karena menggagalkan proses pembakaran di dalam mesin.

3. Knalpot mobil mengeluarkan uap.

Gejala yang satu ini akan terjadi dalam kondisi di mana kadar air masih belum terlalu tinggi. Ketika mesin mulai bekerja dan proses pembakaran mulai berlangsung, air yang berada di dalam tangki bensin mobil akan menguap. Uap yang terbentuk karena proses tersebut kemudian akan terbawa keluar lewat saluran pembuangan, termasuk knalpot. Itulah sebabnya knalpot akan mengeluarkan asap pembuangan yang tidak wajar.

Selain faktor adanya kebocoran pada komponen tangki, munculnya air pada tangki juga bisa disebabkan karena proses kondensasi. Biasanya disebabkan oleh tangki yang sering dibiarkan kosong. Jika Anda menemukan adanya masalah tersebut pada mobil yang akan dibeli, sebaiknya ajak teknisi untuk melakukan analisa seberapa parah masalahnya. Dengan begitu Anda bisa memerkirakan harga perbaikannya sebagai bahan negosiasi harga.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top