Conterium Blog

Informasi dan Berita

4 Desainer Fesyen Wanita Indonesia dengan Karya dan Prestasi Mendunia

Conterium – Ketika mendengar desainer perempuan Indonesia, sebagian besar orang mungkin akan menyebutkan nama-nama populer seperti Anne Avantie atau Dian Pelangi. Keduanya memang terbukti mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Namun, masih ada banyak perempuan Indonesia satu yang tak kalah membanggakan di bidang tersebut.

Lalu, siapa saja desainer perempuan Indonesia lainnya yang namanya dan karyanya juga sudah dikenal di manca Negara? Berikut beberapa di antaranya:

perempuan indonesia satu

Peggy Hartanto

Peggy Hartanto merilis label yang sama dengan namanya pada 2011 silam. Ketertarikannya pada dunia fashion sendiri sudah dimulai sejak ia duduk di bangku SMA. Demi mewujudkan impiannya tersebut, ia pun mengambil pendidikan di Raffles College of Design Sydney dan lulus dengan gelar Fashion of Design and Commerce. Dalam beberapa rancangannya, Peggy memasukkan unsur tradisional Indonesia yang dipadu dengan desain yang trendy. Hasil desainnya pun sudah dikenakan selebritis dunia seperti Gwen Stefani, Bella Thorne, Odette Annabele hingga super model Gigi Hadid. Tidak heran, bila kesuksesan yang diraih Peggy Hartanto lantas mengantarkannya masuk ke daftar Forbes 30 Under 30 Asia: the Arts.

Ardistia Dwiasri

Sukses mengembangkan label Ardistia New York, Ardistia Dwiasri menjadi sosok yang begitu dikenal di New York, Amerika Serikat. Lulusan Parsons the New School of Designs, New York, tersebut mempunyai ciri khas edgy pada karya-karyanya. Keunikannya tersebut yang membuat desain Ardistia disorot sejumlah media fesyen besar seperti Elle, Harper’s, Vogue, hingga New York Times. Bahkan kabarnya perempuan kelahiran 1979 ini siap memperkenalkan karyanya ke Asia dan Eropa.

Ghea S. Panggabean

Selanjutnya ada Ghea S. Panggabean, desainer blasteran Sunda-Belanda yang memperkenalkan rancangan bercorak etnik yang cantik dipadu dengan desain yang modern. Selain corak tradisional Indonesia, Ghea juga dipengaruhi oleh gaya hippies dan psychedelic yang tenar pada era ’70an dalam mendesain rancangannya. Karya-karyanya yang sarat akan kebudayaan Indonesia pun rupanya tak hanya digemari masyarakat Tanah Air, melainkan juga di negara-negara lain. Sejumlah penghargaan pun diraih Ghina atas desainnya yang mengesankan. Salah satunya adalah Best Ready to Wear Designers di Aparel Award pada 1987.

Rinda Salmun

Nama Rima Salmun sudah cukup dikenal bagi pengamat dunia fesyen, khususnya di London, Inggris. Lulusan S2 jurusan Fashion Designer, dari Ravensbourne College of Design & Communication London ini memang mengawali karir fashionnya di London, ia bahkan sudah pernah mengikuti pagelaran London Fashion Week pada 2010. Tak hanya itu, karyanya pernah dikenakan oleh Jamella, salah satu kontestan The X Factot US. Setelah mengikuti Jakarta Fashion Week pada 2013, namanya semakin akrab di telinga penggemar dunia fesyen Indonesia.

Melalui ide kreatif, ketekunan, dan pendekatan yang tepat, desainer-desainer perempuan di atas telah memperlihatkan keberhasilan mereka di kancah internasional. Siapa tahu setelah mengenal nama dan karyanya, kehadiran mereka bisa melahirkan generasi desainer baru yang tak kalah membanggakan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top