Conterium Blog

Informasi dan Berita

Cara Klaim Asuransi Prudential di Rumah Sakit Luar Negeri

Conterium – Salah satu kelebihan asuransi prudential adalah bisa digunakan di rumah sakit luar negeri. Sehingga memudahkan anda ketika sakit mendadak di luar negeri. Selain itu anda tidak perlu pusing masalah biayanya. Di rumah sakit luar negeri, juga ada dua sistem yang bisa digunakan yaitu cashless atau reimburse. Namun untuk memudahkan proses klaim, lebih baik lakukan pengobatan di rumah sakit rekanan prudential. Berikut ini cara klaim asuransi prudential di rumah sakit luar negeri

cara klaim asuransi prudential

Konfirmasi ke Administrator Pihak Ketiga (TPA)

Sebelum melakukan perawatan, anda harus konfirmasi ke administrator pihak ketiga. Anda bisa telepon ke nomor yang tersedia di kartu anda. Kemudian informasikan rencana perawatan dan dokter yang menangani peraturan-peraturan. Pastikan status polis dan asuransi tambahan PPH masih aktif. Rumah sakit yang anda gunakan termasuk rekanan dari prudential indonesia. ditahapan ini anda harus menyiapkan nomor telepon, nomor polis dan alamat email. Nanti pihak TPA akan mengkonfirmasi 2×24 jam.

Proses Verifikasi Oleh TPA

TPA atau Third party administrator akan melakukan proses verifikasi atas informasi yang anda berikan. Jika semua syarat terpenuhi, TPA mengirimkan dokumen ke alamat email anda. Lengkapi semua dokumen yang diminta oleh pihak TPA. Jika semuanya sudah dilengkapi, kirim dokumennya kembali yang disertai scanned passport. Semakin cepat anda mengirim dokumen, semakin cepat proses verifikasi yang dilakukan.

TPA Konfirmasi Jadwal Perawatan

Cara klaim asuransi prudential selanjutnya dengan mengkonfirmsi jadwal perawatan di rumah sakit luar negeri yang ditunggu. Bila jadwal perawatan sudah disetujui rumah sakit tersebut, TPA akan konfirmasi ke anda lewat email atau telepon. Sehingga anda bisa langsung pergi ke rumah sakit luar negeri tersebut untuk melakukan perawatan. Pastikan alamat email dan nomor telepon anda selalu aktif dan dicek secara rutin.

Konfirmasi Tindakan Yang Dilakukan

Jika anda sudah sampai di rumah sakit, langsung kunjungi bagian administrasi. Biasanya anda akan melakukan pemeriksaan di rawat jalan atau poliklinik terlebih dahulu. Dokter akan melakukan pemeriksaan sebelum anda dirawat inap. Karena konsultasi dokter menjadi syarat utama melakukan pemeriksaan di luar negeri. Di tahapan ini, anda harus membayar dengan biaya pribadi terlebih dahulu. Nanti diklaim untuk dilakukan penggantian. Sedangkan untuk rawat inapnya, bisa dilakukan penggantian secara cashless.

Jika setelah dilakukan konsultasi, harus dilakukan rawat inap. Rumah sakit mengirimkan dokumen medis ke pihak TPA. Nantinya akan dikonfirmasi pengaminan rawat inap. Selanjutnya TPA melakukan konfirmasi penjaminan dan mengeluarkan surat penjaminan. Jika tahapan ini sudah dilakukan maka bisa langsung di rawat inap dan mendapatkan perawatan. Jika biaya selama perawatan tidak ada selisih, maka semuanya dijamin oleh prudential. Jika ada selisih, anda harus membayar dengan uang pribadi. Itulah cara klaim asuransi prudential di rumah sakit luar negeri. Semoga bermanfaat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top