Conterium Blog

Informasi dan Berita

Dapatkan Berita Otomotif Terlengkap: Perbedaan Transmisi Matic dan Manual

Conterium – Sekarang ini sudah banyak artikel yang membahas tentang berita otomotif yang lengkap dan terbaru dengan berbagai informasi menarik sehingga membantu mereka yang ingin beli mobil baru maupun mobil bekas. Namun terkadang masih ada yang bingung mengenai transmisi kendaraan roda empat yaitu mobil yang umumnya terdiri dari transmisi manual dan transmisi otomatis. Padahal ini merupakan dasar yang harus diperhatikan saat membeli mobil.

Tentu saja kedua transmisi ini memiliki perbedaan termasuk kelebihan dan kekurangannya yang seringkali menjadi pertimbangan saat ingin memilih mobil yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pastikan untuk memahami perbedaan transmisi mobil manual dan mobil matic agar tidak salah memilih mobil.

berita otomotif

Perbedaan Mobil Manual dan Otomatis

Mungkin sebagian orang yang masih baru di dunia otomotif masih belum terlalu memahami perbedaan antara 2 jenis transmisi ini pada mobil. Mobil transmisi manual memiliki 6 jenis gigi yaitu 1 untuk mundur dan 5 untuk maju.

Transmisi manual membutuhkan kopling untuk memindahkan setiap gigi sedangkan pada transmisi otomatis memiliki sistem yang lebih sederhana dan juga jenis gigi yang lebih sedikit. Untuk mobil transmisi matic dibagi lagi menjadi mobil transmisi semi otomatis dan otomatis.

Ada perbedaan halus di antara keduanya. Gearbox semi otomatis biasanya digunakan pada mobil baru yang telah diupgrade dengan mesin baru dan fungsinya mirip dengan gearbox manual, pada gearbox jenis ini, pengemudi masih dapat mengganti persneling namun tanpa kopling. Pada saat yang sama, transmisi otomatis dapat melaju secara otomatis tanpa instruksi pengemudi.

Perbedaan Jenis Sistem Transmisi Mobil

Terlihat bahwa salah satu perbedaan yang bisa dilihat mengenai perbedaan transmisi matic dan manual adalah tentu terdapat pada bagian transmisinya. Untuk transmisi matic, tidak ada kopling dan bisa memindahkan gigi dengan mudah sedangkan pada transmisi manual pengemudi harus menginjak kopling agar bisa mengganti gigi baik itu menurunkan atau menaikkan gigi.

berita otomotif

1. BBM

Mobil transmisi otomatis lebih boros BBM dibandingkan transmisi manual. Meskipun begitu, masih banyak yang lebih memilih menggunakan mobil transmisi otomatis karena lebih praktis meskipun lebih boros bahan bakar.

2. Sistem pengoperasian

Tangan dan kaki pengemudi bekerja bersamaan pada transmisi manual di mana kaki kiri menginjak pedal kopling untuk memindahkan gigi sedangkan kaki kanan menginjak pedal gas dan rem. Tangan kiri juga akan memindahkan gigi dengan menarik tuas perseneling sembari kaki kiri menginjak kopling.

Sedangkan mobil dengan transmisi otomatis lebih praktis karena kaki kiri tidak perlu menekan apapun. Cukup tangan kiri dan kaki kanan saja untuk memindahkan gigi termasuk tangan kanan yang memegang setir mobil. Dengan ini maka kaki tidak akan mudah lelah karena menginjak kopling seperti pada mobil transmisi manual.

3. Perawatan

Untuk perawatan bisa dibilang perawatan mobil transmisi manual lebih membutuhkan biaya yang lebih ringan dibandingkan transmisi otomatis karena sparepart mobil matic umumnya lebih mahal.

4. Kenyamanan

Umumnya mobil transmisi otomatis lebih nyaman terutama dalam segi memindah gigi karena lebih mudah karena memang sudah dirancang khusus untuk mengurangi beban dan mengikuti perputaran mesin.

Bagi yang ingin membeli mobil bekas atau hanya untuk mendapatkan berita otomotif yang selalu up to date bisa mengunjungi Garasi.id. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan berbagai service dari Garasi.id meliputi cucu, mobil service mobil, ganti oli, perawatan mobil, dll. Untuk yang mau mendapatkan berita otomotif roda empat terupdate bisa kunjungi Artikel Garasi.id

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top