Conterium Blog

Informasi dan Berita

Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

Conterium – Selain drama Korea, drama Asia lainnya, dan juga sinetron, kamu juga bisa tonton koleksi film Indonesia terbaik di VIU, lho! Salah satunya adalah Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta, yang merupakan film kolosal dengan latar belakang sejarah Nusantara.

Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta sudah dirilis secara resmi di bisokop-bioskop Tanah Air pada 23 Agustus 2018 silam. Namun untuk kamu yang belum sempat menontonnya saat ditayangnya, tidak perlu khawatir karena bisa menonton film ini secara streaming di VIU.

film sultan agung

Tentang Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Pada awalnya, film ini diberi judul Sultan Agung Mataran 1628. Sebab, tokoh utama dalam film drama kolosal ini memang merupakan Sultan Agung Hanyakrakusuma atau Sultan Agung, raja ketiga Kesultanan Mataram Islam.

Sedangkan yang menggarap naskahnya sendiri adalah Ifan Ismail, BRA Mooryati Soedibyo, dan Bagas Pudjilaksono. Menariknya, persiapan film ini menghabiskan 4 tahun untuk riset, tepatnya dari tahun 2007 sampai 2011.

Sinopsis Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

Plot Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta berpusar di sekitar perjuangan Sultan Agung yang berkuasa pada tahun 1613 hingga 1646. Selama masa kekuasaannya tersebut, ia berjuang mempersatukan kembali para adipati yang berselisih karena hasutan VOC.

Film ini menceritakan sejak Raden Mas Rangsang (diperankan oleh Marthino Lio) naik takhta segera setelah ayahnya wafat. Menjadi raja sejak usia muda tentu bukan hal yang mudah. Ditambah lagi, Raden Mas Rangsang juga harus melepaskan cinta pertamanya, Lembayung (diperankan oleh Putri Marino) dan menerima perjodohan dengan Ratu Batang (diperankan oleh Anindiya Putri).

Begitu ia naik takhta, Raden Mas Rangsang pun mendapatkan gelar Sultan Agung Hanyakrakusuma (diperankan oleh Ario Bayu). Sebagai seorang raja, Sultan Agung merupakan sosok yang gagah berani dan cerdas, serta selalu berupaya menjaga dan melindungi martabat rakyatnya di tengah masa kekuasaan pemerintah kolonial Belanda dan VOC.

Pada masa itu, memang benar VOC memiliki kerjasama dengan Kesultanan Mataram. Hanya saja, pengkhiatan perjanjian oleh VOC dengan membangun kantor dagang di Batavia kemudian membuat Sultan Agung murka. Dampaknya, Sultan Agung pun menyuarakan perang besar.

Daftar Pemeran Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

Ada banyak nama besar yang masuk ke dalam jajaran aktor dan aktris film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta. Ini dia daftarnya:

  • Ario Bayu sebagai Sultan Agung Hanyakrakusuma.
  • Adinia Wirasti sebagai Lembayung dewasa.
  • Martino Lio sebagai Raden Mas Rangsang (Sultan Agung muda).
  • Putri Marino sebagai Lembayung muda.
  • Anindya Putri sebagai Permaisuri (Ratu Batang).

Tonton Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

Walaupun film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta sudah ditayangkan pada bulan Agustus 2018 silam, kamu bisa tonton kembali lewat VIU secara online sambil memperingati perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021.

Selain koleksi film Indonesia terbaik, kamu juga bisa tonton koleksi drakor dan drama Asia lainnya yang pasti lengkap dengan sub Indo di VIU.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top