Conterium Blog

Informasi dan Berita

Istilah Yang Ada Pada Genset

Conterium РSaat ini keberadaan genset sangat penting baik di kebutuhan rumah tangga, pertokoan, perkantoran maupun industri besar. Pada kegiatan perkantoran dan industri sangat penting memiliki genset sebagai alternatif cadangan listrik apabila terjadi pemadaman listrik, agar tidak menggangu kegiatan operasional. Pentingnya keberadaan genset dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk kebutuhan perkantoran dan rumah tangga, genset juga seringkali dibutuhkan untuk kegiatan di luar ruangan seperti event outdoor atau syuting. Untuk kegiatan tertentu atau pada event tertentu sebaiknya gunakan jasa sewa genset untuk event  yang terpercaya dan berpengalaman di https://sewatama.com/id/.

Sebelum anda memutuskan membeli atau menyewa genset sebaiknya ketahui dulu beberapa istilah umum dari genset yang perlu anda ketahui :

istilah pada genset

1. Kawat lilitan

Terdapat 2 jenis kawat lilitan pada mesin generator set yaitu tembaga dan alumunium, namun Tembaga merupakan penghantar listrik yang lebih baik daripada alumunium karena kemampuan menghantar listrik alumunium lebih rendah dibanding tembaga.

2. Panel AMF/ATS

AMF merupakan kepanjangan dari Automatic Main Failure. Fitur ini biasanya digunakan untuk menghidupkan atau mematikan kerja genset secara otomatis dengan menggunakan sinyal dari luar. Sementara ATS atau Automatic Transfer Switch adalah sebuah fitur yang memungkinkan proses transfer sumber daya dari PLN menuju daya genset.

3. Cara menyalakan genset

Terdapat 2 cara untuk meyalakan genset yaitu sistem recoil (tarikan tali) atau elektrik starter. System starter hanya tinggal menekan tombol starter (on/off) pada mesin genset, sedangkan system recoil dengan cara menarik tuas pada mesin genset. Genset diatas 3000 watt biasanya sudah dilengkapi dengan sistem starter.

4. Max Output dan Rated Output

Max output adalah daya yang dikeluarkan genset waktu pertama kali dinyalakan , kemudian setelah beberapa saat daya tersebut akan menurun menjadi Rated output ( daya rata rata ), satuannya kVa atau terkadang Watt. Untuk membeli sebuah genset perhatikan rated output nya , jangan max output nya .

5. AVR (Automatic Voltage Regulator)

Generator set yang dilengkalpi dengan AVR memiliki tegangan yang stabil dan tidak kelebihan beban, sehingga dalam penggunaannya genset ini lebih aman.

6. Noise level

Noise level adalah tingkat kebisingan pada mesin genset, biasa satuannya Db.(tingkat kebisingan) , satuannya dB. Namun terdapat juga genset silent sehingga suara yang ditimbulkan tidak terlalu bising.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top