Conterium Blog

Informasi dan Berita

Mengenal ADHD dan Penyebab Kemunculan pada Anak

Conterium – Tidak dimungkiri bahwa anak akan cenderung susah konsentrasi pada hal-hal tertentu karena memang ia belum memiliki pemikiran yang luas. Namun, jika Anda menemukan masalah konsentrasi pada hal yang sepele, Anda harus waspada. Ya, ADHD adalah salah satu sebab kenapa anak susah konsentrasi meskipun Anda sudah membimbingnya terus menerus.

Secara singkat, ADHD merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada saraf. Masalah ini merupakan hal yang cukup serius karena selain akan membuat anak susah menjalin hubungan dengan orang lain, termasuk berkomunikasi, ADHD bisa berlanjut hingga ia dewasa.

Hingga saat ini, penyebab utama dari ADHD belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat risiko gangguan kesehatan ini cenderung lebih besar. Adapun beberapa hal yang membuat risiko ADHD cenderung tinggi adalah sebagai berikut:

ADHD adalah

1. Kelainan pada anatomi otak

Kelainan yang terjadi pada anatomi otak merupakan salah satu sebab utama kenapa anak menderita ADHD. Dengan adanya kelainan anatomi, maka otak secara umum tidak bisa berfungsi dan bekerja sebagaimana mestinya.

Dalam hal ini, dopamine di dalam otak penderita ADHD cenderung tidak berfungsi. Hal inilah yang mengakibatkan penderita ADHD cenderung susah untuk konsentrasi, sering tergesa-gesa, tidak bisa diatur dan lainnya.

2. Faktor genetik

Penyebab lain dari munculnya ADHD pada anak adalah faktor genetik. Dalam hal ini, ADHD diyakini akan diwariskan oleh orang tua yang memiliki masalah yang sama. Selain itu, gangguan ini juga cukup sering ditemukan pada anak yang terlahir dengan kembar genetik.

3. Faktor kesehatan ibu

Faktor kesehatan pada ibu saat mengandung memiliki dampak yang cukup besar terkait munculnya ADHD. Dalam hal ini, ibu yang merokok saat hamil cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi melahirkan anak dengan gangguan ADHD. Demikian pula terjadi pada ibu yang mengonsumsi minuman beralkohol.

Beberapa hal di atas diyakini menjadi penyebab masalah ADHD. Perlu diketahui bahwa ADHD adalah bukan merupakan gangguan kesehatan yang ringan. Oleh karenanya, deteksi dan tindakan harus dilakukan sedini mungkin agar dampak yang semakin buruk tidak terjadi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top