Conterium Blog

Informasi dan Berita

Rawat Rambut dengan Shampo Selama Pandemi Corona

COnterium – Perawatan rambut dengan shampo menjadi langkah yang tepat selama pandemi corona karena tidak bisa keluar rumah pergi ke salon. Tentunya rambut lembut dan berkilau tetap bisa diperoleh dengan penggunaan produk yang tepat.

Shampo yang juga dikenal sebagai sabun cuci rambut ini bisa dilakukan di rumah tak perlu keluar rumah dengan biaya yang lebih hemat dibandingkan harus ke salon.  Meskipun tidak keluar rumah dan tidak banyak polusi yang terkena rambut bukan berarti tak perlu keramas. Sebab perlu diketahui bahwa virus corona bisa saja menempel di rambut.

shampo

Keramas untuk Kebersihan Rambut Ternyata Bisa Cegah Corona

Menjadi salah satu langkah pencegahan penularan virus corona jika menggunakan sabun cuci rambut. Sedangkan Badan Kesehatan Amerika Serikat Centers for Disease Control and Prevention  sudah menyebutkan  bahwa selama berjam-jam virus corona dapat menempel di permukaan.

Kemudian, Dr. Adam Friedman selaku dermatologis dari George Washington School of Medicine and Health Sciences menyampaikan bahwa virus corona dapat menempel di rambut tergantung dari keadaan rambut saat itu.

Shampo berfungsi mengubah molekul kecil yang berguna melawan bakteri, virus dan  berbagai kotoran. Sehingga jika rutin keramas membuat rambut sehat terjaga. Namun, keramas ini tak perlu dilakukan secara berlebihan, tak perlu melakukannya 2 kali dalam sehari.

Jika beberapa helai rambut dicabut kemudian diletakkan atau dipegang oleh orang positif corona atau bersin hingga terkena rambut, maka dapat hidup pada rambut tersebut. Kemudian Jurnal New England of Medicine menyebutkan selama 3 hari virus corona dapat hidup di helaian rambut. Sehingga rambut perlu dibersihkan secara rutin dari berbagai kotoran, debu termasuk juga agar terhindar dari virus corona ini.

Memilih Shampo Sesuai Masalah Rambut

Memilih produk untuk keramas sebenarnya tak bisa dilakukan sembarangan sebab jenis rambut antara satu orang dengan yang lainnya tak semuanya sama. Apalagi kandungan dalam produk sabun cuci rambut juga berbeda-beda.

  • Rambut Kering

Perempuan yang memiliki rambut kering maka sabun cuci rambut yang tepat dipilih ialah yang mengandung  essential fatty acids sebab memiliki ekstra pelembap agar rambut terjaga kelembabannya.

Selain itu perlu juga diperhatikan berapa kadar asam dalam produk yang dipilih. Sebaiknya jangan memilih yang tinggi tingkat pH karena memicu terbuka kulit rambut sehingga kelembaban rambut akan hilang.

Mengaplikasikan sabun cuci rambut yang mengandung wortel  dan asam amino juga pilihan yang bagus atasi rambut kering. Sebab kedua bahan ini dipercaya mampu melembapkan sehingga masalah rambut kering dapat dicegah.

  • Rambut Berminyak

Rambut berminyak lebih cocok menggunakan sabun cuci rambut jenis clarifying shampo. Sebab formulanya dapat menghilangkan minyak berlebih dan lemak di kulit kepala. Sehingga risiko  rambut kusam dan lepek berkurang. Kemudian kondisioner yang dipilih sebaiknya yang minim kandungan minyaknya agar minyak pada rambut bisa lebih stabil.

  • Rambut Berketombe

Keramas dengan sabun cuci rambut yang mengandung formula anti ketombe ialah pilihan yang tepat. Karena dapat secara efektif membersihkan kulit kepala dari ketombe. Selain itu, produk yang terbuat dari bahan ketoconzale juga bagus untuk diaplikasikan saat keramas agar pertumbuhan jamur penyebab ketombe bisa ditekan dan kadar pH kulit lebih stabil.

  • Rambut Kering dan Kasar

Rambut kering bisa terjadi karena kekurangan nutrisi di kulit kepala dan juga bisa disebabkan oleh berbagai alat pengering rambut yang salah. Jika hal ini dibiarkan rambut akan bercabang dan rontok. Perawatan rambut kering dan kasar dapat diatasi dengan menggunakan sabun cuci rambut yang mengandung ceramide dan asam amino.

Ceramide  ialah suatu jenis lipid untuk memperbaiki rambut rusak dari dalam rongga rambut. Sedangkan asam amino dibutuhkan untuk kelembaban rambut dan memberikan nutrisi agar rambut tidak kering.

  • Rambut Bercabang

Selain menggunakan yang mengandung ceramide, produk yang mengandung asam amino dengan busa yang baik bagus atasi rambut bercabang. Sebab busa yang baik diperoleh dari kandungan cocoyl ataupun glutamine agar rambut bisa kembali sehat.

  • Rambut Rontok

Rambut rontok sebenarnya bisa disebabkan oleh perubahan hormone dalam tubuh, meskipun begitu ini adalah hal yang mengganggu dan tidak diinginkan semua orang. Sehingga banyak orang mencoba berbagai produk untuk mengurangi kerontokan.

Mengatasi kondisi ini dengan mengaplikasikan produk keramas yang terbuat dari bahan alami ialah hal yang bagus. Lebih lengkap yang mengandung asam amino dan minyak alami agar kulit kelapa lebih terawat dan sehat. Menjadi pilihan yang bagus juga jika menggunakan yang ada kandungan ekstrak ginseng.

  • Rambut Tipis

Silikon yang diproduksi dalam kandungan shampo dengan harga murah tidak dapat mengatasi masalah ini dengan maksimal. Bahkan mengakibatkan rambut tidak mengembang dan lepek. Makanya gunakan rambut yang tidak mengandung silikon untuk rambut lebih bervolume. Selain itu, sebenarnya penggunaan silikon yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan.

Meskipun begitu, bagi yang ingin memperbaiki rambut tetapi tidak menambah  volume rambut maka bisa mencoba produk keramas yang mengandung silikon. Tetapi sangat penting membilas dengan bersih agar tidak meninggalkan masalah lain pada kulit kepala.

Cara Efektif Merawat Rambut Rusak

shampo

Terdapat tiga jenis kerusakan yang umum terjadi di rambut yaitu rambut kering dan kasar, rambut bercabang dan rambut rontok. Ketika memiliki masalah rambut rusak dan ingin memperbaikinya, coba terapkan poin penting berikut untuk mengatasinya.

Menggunakan Produk Shampo Sesuai Masalah Rambut

Beberapa masalah rambut sudah dijelaskan di atas lengkap dengan kandungan yang bagus untuk rambut. Maka ketahui masalah rambut kemudian gunakan produk dengan kandungan yang sesuai yang dibutuhkan rambut.

Kombinasikan Shampo dengan Produk Perawatan Lain

Jika ingin memperoleh hasil yang maksimal, maka menggunakan sabun ataupun cairan keramas saja tentu tidak cukup. Jadi harus dikombinasikan atau diikuti penggunaan perawatan yang lainnya agar rambut bisa lebih ternutrisi dan diperbaiki hingga ke akarnya.

Sebaiknya pilihlah produk perawatan rambut yang memiliki brand sama dengan produk keramas  yang digunakan. Jangan mudah tergiur dengan produk yang diklaim memiliki bahan yang bagus sebelum langsung diaplikasikan ke rambut dan rasakan efeknya.

Jangan Gunakan Sabun Keramas Khusus Pria

Umumnya, produk masalah dan perawatan rambut yang ditawarkan lebih ditujukan untuk wanita. Hanya sedikit produk perawatan rambut untuk para pria, sehingga bagi pria yang memiliki masalah rambut menjadi kesulitan mendapatkan sesuai yang dibutuhkan.

Mengenai kondisi seperti ini, maka boleh saja menggunakan produk keramas ataupun perawatan rambut untuk wanita asalkan sesuai dengan masalah rambut yang dimiliki pria. Sebab jika tidak menggunakan produk tersebut maka masalah rambut tak bisa diatasi dengan baik.

Jadi, meskipun tidak keluar rumah selama pandemi corona, bukan berarti tak perlu merawat rambut. Rambut selalu perlu dirawat agar rambut tidak mengalami berbagai masalah di kemudian hari, salah satunya dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top